Anak Gaddafi Disiksa di Penjara

  • PDF
{Paluhakim, Libia} Pengacara Saif al-Islam Gaddafi dari Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengatakan ada dugaan bahwa Saif mendapat perlakuan tidak layak di penjara Libia.

Dalam sebuah pernyataan, pengacara mengatakan Saif ditahan di penjara yang nyaris terisolir dan sering dipukuli.

Mereka juga mengatakan bahwa tim jaksa telah diberitahu bahwa Saif hanya akan diadili untuk kejahatan kecil yang melibatkan lisensi onta dan tambak ikan. Pemerintah Libia dan ICC masih berdebat mengenai siapa yang akan mengadili Gaddafi.

Dewan Peralihan Nasional Libia bersikeras bahwa ia harus diadili di dalam negeri, tetapi ICC mengatakan Libia wajib bekerja sama dengan pengadilan kejahatan perang di Den Haag dan harus segera menyerahkan Saif.
Lubang hitam hukum

Pernyataan tim pengacara Saif al-Islam yang mengatakan bahwa baik mereka dan terdakwa telah diberitahu bahwa tidak ada cukup bukti untuk mengadili Saif dengan pasal "kejahatan serius."

Mereka menuduh pemerintah Libia "berusaha membalikkan keadaan" ketika menghadapi tenggat waktu menyerahkan Gaddafi ke ICC dengan mengatakan mereka ingin menyelidiki Saif atas kejahatan perang.

Menurut ICC, Saif kini berada dalam "lubang hitam hukum" dan "hak-haknya dirampas."

Sementara pemerintah Libia mengatakan mereka sedang membentuk pengadilan khusus untuk mengadili Saif al-Islam dan menginginkan Saif diadili di Libia.
Sumber/Foto: BBC
Comments (0)Add Comment

Write comment
You must be logged in to post a comment. Please register if you do not have an account yet.

busy



Baca juga: