Penasehat JLO: "Kasus Buka Pintu Pesawat Lion, Penumpang Tidak Sepenuhnya Salah

  • PDF

Jakarta, Paluhakim- Seorang penumpang pesawat komersial Lion Air dengan nomor penerbangan JT0775, Boeing 737-900 dari Manado menuju Bandara Soekarno Hatta Jakarta, sempat melakukan aksi nekadnya membuka pintu darurat pesawat tersebut dengan alasan AC tidak menyala secara optimal yang menyebabkan penerbangan tersebut mengalami penundaan.

Menyingkapi hal tersebut, penasehat Justice Law Office (JLO) Advodkasi yang konsen menanggani masalah hukum yang terjadi di dunia penerbangan Marsekal Purnawiran TNI AU, Chappy Hakim menilai apa yang dilakukan, oleh penumpang pesawat tersebut tidak sepenuhnya bisa disalahkan.

"Membuka semua perangkat ada pada tanggungjawab pilot. Tetapi Lion juga harus mengacau kepada peraturan penerbangan. Jika ada hal-hal yang urgensi (sangat darurat-red), semua penumpang, tidak perlu meminta ijin kepada crew pesawat," kata Chappy Hakim kepada wartawan saat meresmikan Kantor tersebut di Jl Graha Permata Blok C No 6, Komplek Triloka, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (11/10) kemarin

Namun demikian, Chappy menegaskan, dalam kasus ini, dirinya tidak mau menyalahkan salah satu pihak. "Tapi dalam kasus ini kita tidak bisa menyalahkan salah satu pihak sebelum ada hasil penyidikan,"ucap Chappy.

Selain itu Chappy menyarankan kepada kedua belah pihak, baik penumpang mau pun pihak pesawat Lion Air, untuk saling menghormati kedua belah pihak.

"Yang pasti ada kepentingan konsumen terganggu yang harus dicermati lebih. Akan tetapi, sebaiknya persoalan ini diselesaikan secara baik-baik oleh kedua belah pihak," Pungkasnya.

Sebagaimana diberitakan, akibat adanya penundaan jadwal keberangkatan pesawat dan suasana panas di dalam kabin, penumpang Lion Air sempat melakukan aksi buka pintu darurat secara paksa.

Comments (0)Add Comment

Write comment
You must be logged in to post a comment. Please register if you do not have an account yet.

busy



Baca juga: