Pengadilan Perpanjang Penahanan Suu Kyi

  • PDF
Yangon [paluhakim] - Hukuman tahanan rumah Suu Kyi diperpanjang selama 18 bulan karena ia dinyatakan bersalah melanggar peraturan tahanan rumahnya dengan membolehkan seorang pengunjung Amerika yang tidak diundang, tinggal di rumahnya.

Seperti dilaporkan BBC, akhir pekan lalu, awalnya masih tidak jelas apakah pengadilan setuju untuk menyidangkan banding ini, yang diajukan pada Kamis lalu.

Penasehat hukum Aung San Suu Kyi mengatakan puas dengan keputusan tersebut.

Bulan Agustus lalu, Suu Kyi dinyatakan bersalah melanggar peraturan tahanan rumah yang sebelumnya karena membiarkan seorang warga AS berenang menyeberang danau untuk masuk ke rumahnya.

Pihak pengacara Suu Kyi mengatakan alasan banding mereka adalah karena undang-undang yang digunakan untuk memutuskan Suu Kyi bersalah sudah dibatalkan oleh konstitusi baru yang disahkan lewat referendum tahun lalu.

Pengajuan banding ini akan dibawa ke pengadilan pada 18 September mendatang.

Warga AS yang memasuki rumah Suu Kyi itu sempat dinyatakan bersalah oleh pengadilan Myanmar. Namun, dia sudah kembali ke negaranya karena campur tangan senator Amerika Serikat.

Suu Kyi, perempuan berusia 64 tahun ini telah menghabiskan 14 tahun dari 20 tahun terakhir dalam tahanan, sebagian besar sebagai tahanan rumah di Rangoon.

Para diplomat dari Jepang, Singapura, Thailand dan Amerika diperkenankan menghadiri tahap terakhir pengadilan Suu Kyi.

Menurut para pengamat, ijin yang diberikan untuk para diplomat itu berarti pemerintah militer Burma menyadari kemarahan dunia internasional terhadap proses pengadilan Suu Kyi.

Demi menghindari penangkapan, ratusan pendukung Suu Kyu melakukan aksi di depan penjara tempat Suu Kyu ditahan.

Senin lalu, Amnesty International menunjuk Suu Kyi sebagai "Duta Besar" sebagai penghargaan atas upayanya mempromosikan demokrasi di Myanmar. [BPJ]
Comments (0)Add Comment

Write comment
You must be logged in to post a comment. Please register if you do not have an account yet.

busy



Baca juga: